Kamis, 24 September 2015

Gula Kacang ala Magetan

http://traditionalfoodstation.blogspot.co.id/
Ada sebuah jajanan pasar tradisional yang rasanya sangat manis dan nikmat, yang sampai sekarang masih tetap eksis dan memiliki jutaan penggemar. Jajanan yang berasal dari Kab. Magetan, Jawa Timur ini banyak orang yang menyebutnya sebagai gula kacang atau bahasa tradisionalnya enting-enting yang tentu saja semua orang sudah pernah mencicipinya, karena kemungkinan jenis jajanan pasar ini juga sudah tersebar keseluruh nusantara.

Sesuai dengan namanya makanan ringan ini terbuat dari gula Jawa yang manis dicampur dengan kacang tanah sangrai yang masih utuh, sehingga jika dilihat dari bentuknya juga cukup unik dengan tekstur kumpulan kacang tanah yang melekat tidak beraturan pada adonan gula tersebut. Gula kacang memiliki warna sama persis dengan gula Jawa yaitu cokelat kehitaman, dan ketika digigit agak keras dan rasanya manis khas gula Jawa dengan perpaduan aroma kacang tanah.

Sebutan lain untuk Gula kacang adalah Ampyang Kacang, hal ini sering kami dengar ketika kami naik bus antar kota, dan ketika sampai di terminal banyak pedagang asongan yang menjajakan kue ini, dan mereka menawarkan kue ini dengan sebutan sebagai Ampyang.

Biasanya jika kita ingin mencicipi kue ini tentu kita bisa dengan mudah untuk membelinya, namun ada kalanya mari kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri kue ini karena juga akan memberikan kita kepuasan tersendiri, dan menariknya lagi kue manis ini juga mudah untuk membuatnya karena tidak membutuhkan bahan yang banyak. Jika sahabat ingin menikmati manisnya enting-enting ini namun tidak sempat pergi ke Kab. Magetan sahabat sekalian bisa memesannya dengan memberi komentar pad blog ini.

Resep Gula Kacang
150 gram gula jawa yang telah disisir halus
200 gram kacang tanah kupas yang sudah digoreng sangrai
25 gram jahe bakar dan diiris tipis-tipis
50 ml air

Cara membuat
1. Campurkan sisiran gula jawa dengan air kemudian panaskan hingga cair.
2. Masukan irisan jahe bakar kemudian aduk hingga mendidih
3. Masukan kacang tanah sangrai kemudian aduk hingga semuanya benar-benar merata.
4. Ambil adonan yang sudah jadi tiap gula kacang 1-2 sendok makan, kemudian letakan diatas wadah atau loyang
5. Jika semua adonan sudah habis tunggu hingga dingin dan mengeras
6. Gula kacang atau Ampyang siap untuk disantab.

0 komentar:

Posting Komentar