Kamis, 24 September 2015

Utri khas Bumi Reog

Utri, rasanya manis dan teksturnya kenyal, sekilas kuliner ini mirip dengan lontong namun bedanya kuliner ini terbuat dari olahan ubi kayu. Olahan ini di buat dengan cara memarut lembut ubi kayu, kemudian di tambahkan sedikit garam dan di campur hingga merata. Setelah itu akan di bungkus daun pisang dan di kukus.

http://traditionalfoodstation.blogspot.co.id/
Namun sebelum di bungkus, terlebih dahulu adonan ubi bagian tengah akan di tambahkan bubuk gula merah, baru kemudian di kukus. Setelah matang, kuliner ini akan berwarna kekuningan dengan tekstur lengket dan kenyal serta rasanya yang sangat manis. Tak hanya manis dan enak, kuliner ini juga memiliki peran sebagai pengganti asupan karbohidrat yang baik, sehingga bagi para pelaku diet makan kuliner ini adalah yang paling tepat.

Tapi ingat, jangan memakan area yang bergula ya, soalnya diet anda kan sia-sia saja. Pilihlah bagian yang tidak ada gulanya yaitu pada area tepiannya saja atau bahkan anda bisa memesan utri tanpa tambahan gula. Kuliner khas Ponorogo yang satu ini akan lebih nikmat jika disantap sudah dingin, karena akan mengeluarkan aroma yang sangat khas.

Resep Utri :

Bahan :
-500 gr singkong, parut
-2 buah pisang raja tua, potong-potong
-1/2 butir kelapa yang agak muda, parut
-Garam secukupnya
-100 gr gula pasir
-Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat :
-Campur semua Bahan, aduk rata.
-Ambil adonan secukupnya, tempatkan diatas daun pisang. Bungkus seperti lontong sambil dipadatkan.
-Kukus hingga matang, angkat dan dinginkan, lalu potong-potong. Hidangkan.

0 komentar:

Posting Komentar