Kamis, 24 September 2015

Madu Mongso Khas Madiun

Madu Mongso, makanan yang berwarna hitam yang dibungkus kertas warna warni seperti permen ini merupakan makanan yang terkenal dari kota Madiun. Rasanya yang sangat manis kadang-kadang membuat gigi sakit, tapi rasa manis itulah yang membuat madu mongso disenangi orang. Makanan ini terbuat dari tape ketan yang difermentasi dengan bantuan ragi, sama seperti saat kita membuat tempe atau tape. Pada awalnya memang terasa manis, tapi lama kelamaan rasanya menjadi asam karena adanya asam cuka yang terbentuk sebagai hasil samping reaksi fermentasi. Jika dimakan ya berbahaya,
sama seperti saat kita minum cuka makan tanpa diencerkan, bisa disimpulkan sendiri akibatnya.

Bahan dasarnya Madumongso adalah dari beras ketan hitam kualitas super yang harus dipoles (jawa: disosoh) terlebih dahulu, untuk menghilangkan kulit arinya yang kasar. Proses pembuatannya ada dua tahap.

http://traditionalfoodstation.blogspot.co.id/Yang pertama adalah membuat tape ketan hitam. Beras ketan hitam dicuci bersih dan ditiriskan. Rebus air di dalam dandang sampai mendidih, lalu beras ketan hitam ditanak (jawa : dikekel) +/- 1 jam.

Setelah itu dieler di tampah sampai dingin, kemudian ditaburi ragi sampai rata. Dimasukkan dalam panci yang dilapis daun pisang, lalu ditutup rapat, diperam selama 3 hari.

Proses yang kedua, setelah tape matang, santan direbus dengan gula putih dan gula merah menggunakan wajan. Kalau sudah mendidih, tape dimasukkan, dimasak dan diaduk-aduk sampai asad. Madumongso sudah matang, siap dikemas.

Penasaran dengan cara membuatnya, inilah caranya (untuk 750 gram):

BAHAN :
-750 gram tape ketan hitam manis
-500 ml santan dari 1 butir kelapa
-250 gram gula pasir
-2 lembar daun pandan
-Pelengkap : plastik kecil ukuran 10x10 cm

CARA MEMBUAT :
1. Kertas minyak dipotong dengan ukuran 10 x 10 cm.
2. Masak santan bersama gula pasir dan daun pandan hingga mendidih.
3. Masukkan tape ketan hitam, aduk rata dan masak hingga santan habis dan kelihatan
berminyak angkat.
4. Cetak adonan sebesar sendok makan, bulatkan dan bungkus dalam plastik lalu tali.
5. Sajikan atau simpan dalam stoples.

Apabila sobat tidak sempat membuatnya sendiri dan rumah sobat jauh dari Madiun, sobat bisa memesan dengan memberi komentar pada postingan ini.

0 komentar:

Posting Komentar